Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Implementasi Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Elfina Prameswari Putri (Universitas PGRI Madiun)
Candra Dewi (Universitas PGRI Madiun)
Fida Rahmantika Hadi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi media video animasiterhadapkemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar melalui studi literatur. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik penelitian. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa implementasi media video animasi dalam pembelajaran di sekolah dasar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Media video animasi terbukti efektif dalam menarik perhatian siswa, memvisualisasikan konsep-konsep abstrak, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penggunaan media video animasi juga dapat melatih siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan membuat kesimpulan dari informasi yang disajikan. Dapat disimpulkan bahwa media video animasi merupakan media pembelajaran yang efektif untuk diimplementasikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...