Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

PENGARUH MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 04 MADIUN LOR

Yuyun Kurniawati (Universiats PGRI MAdiun)
Suyanti Suyanti (Universitas PGRI madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Agar pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan, maka perlu menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran tematik di SDN 04 Madiun Lor biasanya hanya menggunakan buku  dan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media infografis terhadap pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 04 Madiun lor. Materi yang dipilih bertemakan peristiwa setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif  quasi exsperimen – non equivalen control group . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang meliputi siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui hasil hipotesis yang dicari. Sebelum menguji hipotesis, perlu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil posttest pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 86 dan pada kelas kontrol nilai rata-rata 77. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media infografis terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran tematik pembelajaran menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan kelas yang tidak menggunakan media infografis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...