Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan modul digital matematika berbasis model contextual teaching and learning pada siswa kelas IV SDN Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes, angket yang diberikan adlah angket respon siswa dan guru, hasil angket validasi ahli serta hasil post test dan pretest. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil validasi ahli materi sebesar 92,5%, hasil validasi ahli media sebesar 88,57%, hasil validasi ahli bahasa sebesar 70%. Hasil angket respon guru menunjukkan hasil 96,87% dan hasil angket respon siswa 87,10%. Berdasarkan hasil tersebut masuk dalam kategori valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Rata-rata hasil tes yang dilaksanakan siswa pada hasil pretest sebesar 64,84 dan hasil posttest sebesar 82,65. Berdasarkan hasil dari nilai pretest dan posttes siswa menunjukkan adanya peningkatan dan hasil dari analisis hasil validasi serta respon siswa dan guru menunjukkan bahwa Modul digital dikatakan efektif dengan menunjukkan keberhasilan dengan baik
Copyrights © 2023