Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Lia Nur Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Khayati Rahayu (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Aulia Rizky Amanda (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Kun Hisnan Hajron (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Matematika.  Dengan menggunakan sampel siswa kelas 3 di SD Negeri Bandongan 3 pada mata pelajaran Matematika, peneliti menggunakan dua siklus tindakan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dalam bentuk tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 soal.  Data siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan rata-rata nilai siswa yaitu 57,5 (5750%) dan 73,2 (7320%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa bila dibandingkan antara rata-rata yang diperoleh pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu sebesar 1,570%. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...