Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Matematika. Dengan menggunakan sampel siswa kelas 3 di SD Negeri Bandongan 3 pada mata pelajaran Matematika, peneliti menggunakan dua siklus tindakan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dalam bentuk tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Data siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan rata-rata nilai siswa yaitu 57,5 (5750%) dan 73,2 (7320%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa bila dibandingkan antara rata-rata yang diperoleh pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu sebesar 1,570%. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022