Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Analisis Pendekatan TPACK (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Materi IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Kukuh Khoiruddin Hamzah (Universitas PGRI Madiun)
Dian Nur Antika Eky Hastuti Hastuti (Universitas PGRI Madiun)
Maya Kartika Sari (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan TPACK dalam materi IPAS kelas IV sekolah dasar. Penelitian kuantitatif eksperimental digunakan dalam jenis penelitian ini. Pendekatan Quasi Eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa, sedangkan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Soal yang diberikan untuk membandingkan kelas control dan eksperimen berjumlah 30 soal pilihan ganda. Untuk kelas control tidak diberikan perlakuan menggunakan pendekatan TPACK pada materi IPAS, sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan pendekatan TPACK pada materi IPAS random sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data meliputi pretest, posttest, dan dokumentasi.. Dari analisi data yang telah dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil bahwa thitung= 4,459 dan ttabel = 1,674 Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan TPACK dalam materi IPAS Kelas IV sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...