Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Negeri Kare 02

Yurika Ayu Anggraeni (Universitas PGRI Madiun)
Candra Dewi (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali pemikiran kritis siswa dalam pembelajaran berbasis tema, khususnya siswa kelas 4 di sekolah SDN Kare 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan tes. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas kelas IV dan 5 siswa peserta penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa berpikir kritis siswa dalam pembelajaran berbasis tematik dinilai lemah, setiap siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara berbeda. Oleh karena itu, guru harus memilih metode, teknik, dan bahan yang tepat dalam proses pengajaran. Berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor internal (kondisi siswa), faktor eksternal (kondisi lingkungan belajar) dan faktor gaya belajar yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...