Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Berbantuan Video Animasi Pada Peserta Didik Kelas V

Dewi Pertiwi Aghel (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Tarpan Suparman (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Andes Safarandes Asmara (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V SDN Karangpawitan 1 Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPAS berbantuan video animasi pada materi bumiku saying bumiku malang. Jenis penelitian ini adalah eskperimen dengan desain nonequevalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SDN Karangpawitan 1 dan sampel pada penelitian teridri dari 2 kelas yaitu kelas VA sebagai kelas control dan Kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil yang diamati adalah dari hasil post-test. Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil belajar peserta didik pada pre-test kelas eksperimen sebesar 30,86 dan meningkat pada hasil post-test sebesar 66,93. Secara uji statistik thitung > ttabel yaitu 11,976 > 2,052 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak sehinggah dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPAS berbantuan video animasi pada peserta didik kelas V SDN Karangpawitan 1,Karawang Barat, Karawang. Dapat disarankan kepada guru menggunakan model Problem Based Learning berbantuan video animasi, diharapkan dapat dipergunakan sebagai inovasi serta penyempurnaan pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...