Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI STRATEGI PQ4R TERHADAP SISWA SD NEGERI KEMBARAN

Dwi Erlina (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Romadhini Listyautami Anggraeni (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Dewi Sani Janatus Saada (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Kun Hisnan Hajron (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menambah ketertarikan membaca pada anak sekolah dasar. Dengan mengguakan strategi PQ4Rpada penelitian ini . Terdapatdua siklus dengan empat siklus pada setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kami meneliti siswa SD Negeri Kembaran yang berjumlah 11 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Instrumen angket berisi 36 pernyataan mengenaiminat membaca. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan, terdapat meningkatnya minat membaca pada siswa terhadap setiap siklus yang sudah dlakukan dalam penelitian di kelas. Hasil tersebut dapat diketahui dari meningkatnya presentase minat membaca sebelum dilakukan tindakan sebesar 57%, setelah diberikan perlakuan siklus I menjadi 70% dan setelah diberikan perlakuan siklus II menjadi 92%. Dengan demikian maka strategi PQ4R dapatmenambah ketertarikan membaca siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...