Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Pengembangan E-Book Unggah-ungguh Basa Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar

Fharid Juliadji (Universitas PGRI Madiun)
Hendra Erik Rudyanto (Universitas PGRI Madiun)
Octarina Hidayatus Sholikhah (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Berbahasa jawa perlu dilestarikan penggunaannya terutama di lingkungan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media belajar berupa e-book untuk siswa sekolah dasar. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas 1 sampai kelas 6 di SDN 01 Mojorejo Taman dan diambil sejumlah kelas perwakilan yang diperoleh dari stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan uji validitas kelayakan produk dan uji kepraktisan penggunaan. Hasil penelitian pengembangan memberikan hasil pada uji validasi kelayakan yang memperoleh skor 92,5% dan dikategorikan bahwa produk sangat layak digunakan. Perolehan nilai uji skala luas pada kepraktisan produk di kelas rendah memperoleh skor 78,15%, perolehan nilai pada kepraktisan produk di kelas menengah memperoleh skor 90,70%, perolehan nilai pada kepraktisan produk di kelas tinggi memperoleh skor 85,00%, hasil perolehan validasi nilai dari keseluruhan nilai mencapai angka 84,61% sehingga kategori produk dinyatakan cukup praktis untuk digunakan. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-book unggah-ungguh bawa jawa untuk siswa sekolah dasar dikategorikan sangat layak dan cukup praktis untuk digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...