Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SD

Mimin Triyas Wati (Universitas PGRI Madiun)
Fida Rahmantika Hadi (Universitas PGRI Madiun)
Diyan Marlina (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL terhadap kemampuan kognitif siswa. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode eksperimen. Desainnya menggunakan Quasi Eksperimental dengan jenis nonequivalent control group design. Populasinya keseluruhan siswa se-Kecamatan Taman kelas IV Kota Madiun dengan jumlah 990 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV A dengan total 27 siswa dan kelas IV B 27 siswa. Teknik pengambilan sampel probability sampling dengan simple random sampling. Instrumen berupa soal tes uraian. Hasil penelitian dengan independent sample t test membuktikan bahwa Thitung = 2,835 dan Ttabel = 2,007 dimana Thitung lebih besar dari Ttabel (2,835 > 2,007) jadi,, H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya penerapan model PBL efektif terhadap kemampuan kognitif siswa SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...