Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Dakosap (Dakon Satuan Panjang) Pada Materi Satuan Panjang Di Kelas IV

Citra Noharlin Salsabila (Universitas PGRI Madiun)
Elly’s Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)
Djoko Pramono (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media pembelajaran dakon satuan panjang pada pelajaran matematika materi satuan panjang di Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas. Subjek penelitian ini dilaksanakan sejumlah 28 siswa di kelas IV. Jenis tindakan tindakan penelitian yaitu pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian instrumen yang digunakan yaitu lembar hasil belajar siswa. Instrumen ini berfungsi untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada siklus pertama menggunakan media dakon satuan panjang yang didemonstrasikan melalui powerpoint dan pada siklus kedua menggunakan media konkrit yaitu media dakon satuan panjang. (2) Hasil belajar melalui media dakon satuan panjang pada pelajaran matematika di siklus I memperoleh presetase 68% dan di siklus II memperoleh presentase 89%. Ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 21%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...