Matematika adalah mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa karena didalam pembelajaran matematika siswa diajarkan untuk berfikir kritis, logis dan sistematis. Namun masih banyak siswa yang tidak menyukai matematika karena menurut mereka matematika adalah mata pelajaran yang sangat sulit, tidak menyenangkan dan membosankan. Padahal seharusnya matematika adalah mata pelajaran yang menyenangkan. Dari permasalahan diatas peneliti mengembangan LKS Berbasis Etnomatematika Budaya Jawa yang isinya tentang materi kebudayaan lokal yang dikaitkan dengan materi matematika volume bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Budaya Jawa untuk sekolah dasar yang memenuhi kriteria layak berdasarkan penilian pakar/ahli. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu pengembangan (research and development) dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi, terdiri dari tahap (1) Pendefisian (define) (2) perancangan (design) (3) Pengembangan (develop). Pengumpulan data menggunakan angket, instrument penelitian berupa lembar validasi yang diidi oleh validator untuk menilai kelayakan LKS Etnomatematika. Hasil penilian validator ahli bahasa mendapatkan skor rata-rata 3, validator ahli media dengan rata-rata 3,25 dan validator ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3,54. Artinya bahwa LKS Etnomatematika Budaya Jawa yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat layak sesuai kriteria yang ditetapkan.
Copyrights © 2020