Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Siswa SD

Reva Anggun Pangesti (Universitas PGRI Madiun)
Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam karangan narasi siswa kelas V sekolah dasar SDN 5 Baosan Kidul. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis dokumen. Data penelitian berupa karangan narasi yang ditulis oleh siswa dan dokumentasi, observasi, yang kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis-jenis kesalahan berbahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis kesalahan yang dominan, yaitu kesalahan ejaan, kesalahan tata bahasa, dan kesalahan penggunaan kata. Kesalahan ejaan meliputi penulisan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan kata yang tidak sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan (EYD). Kesalahan tata bahasa mencakup kesalahan dalam penggunaan imbuhan, struktur kalimat, dan kesesuaian subjek-predikat. Sementara itu, kesalahan penggunaan kata meliputi pemilihan kata yang kurang tepat dan penggunaan kata yang berlebihan atau tidak sesuai konteks

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...