Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Di Kelas V

Ofika Putri Kinanti (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Salsabila Fauziyah (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Madani Eko Bimantoro (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Kun Hisnan Hajron (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematikterpadu menggunakan model kooperatif tipeThink Pair and Share(TPS) pada siswa kelas V yangberjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Wonokerso. Jenis penelitian yangdigunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode PTK dengan dua siklus. Siklus yangpertama dilaksanakan pada hari Jum’at, 24 Juni 2022, kemudian siklus yang kedua dilaksanakan padahari Sabtu, 25 Juni 2022. Hasil belajar siswa siklus I terdapat 5 siswa yang nilaianya masih dibawahrata-rata. Kemudian terdapat 5 siswa yang sudah diatas rata-rata dengan rata-rata keseluruhan siswasiklus I yaitu 67,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,6%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...