Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 1 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model RADEC untuk Meningkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA

Okty Widyarti (Universitas Sebelas Maret)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Sebelas Maret University)
Kartika Chrysti Suryandari (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan model RADEC. RADEC merupakan model pembelajaran yang meliputi lima langkah yaitu read, answer, discuss, explain, dan create. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VA SDN 1 Kebumen. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat, hal itu dapat terlihat dari hasil observasi ketika siswa menjawab pertanyaan guru maupun bertukar pendapat melalui penerapan model RADEC karena langkah model ini mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa teruata pada langkah membuat suatu karya, serta dari hasil tes tertulis siswa yang dalam menjawab soal sudah dapat mengembangkan gagasan mereka sendiri dan jawaban yang diberikan beragam. Respon siswa dalam penerapan model RADEC menunjukkan respon positif dalam kegiatan pembelajaran, seperti antusiasme, perasaan senang, dan kepercayaan diri. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model RADEC dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...