Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 1 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai Isu Prioritas dalam Upaya Membangun Masyarakat Masa Depan

Rosiana Mufliva (Universitas Pendidikan Indonesia)
Johar Permana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2024

Abstract

Pemanfaatan teknologi digital yang strategis dan tepat guna dalam pendidikan berperan kunci dalam upaya membangun kembali pendidikan sekaligus mendorong pembelajaran berkualitas bagi anak bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi dan peran teknologi digital dalam pembelajaran di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tinjauan literatur integratif. Dengan menggunakan metode tersebut, peneliti melakukan penelaahan literatur melalui proses meninjau, mengkritik, dan mensintesis literatur representatif mengenai suatu topik dengan cara yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga dihasilkan kerangka kerja dan perspektif baru. Hasil kajian peneliti menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital dalam pembelajaran yang slaah satunya adalah platform merdeka mengajar tidak hanya menjadi teman bagi para pendidik, tetapi juga pilar penting dalam membangun pendidikan yang lebih baik di Indonesia. Melalui semangat kolaborasi, inklusivitas, dan inovasi yang diusung oleh platform merdeka mengajar, kita dapat bersama-sama mewujudkan visi Pelajar Pancasila yang memiliki karakter dan integritas tinggi, siap menghadapi tantangan masa depan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa teknologi digital sangat berperan penting dan harus menjadi isu prioritas dalam penetapan kebijakan Pendidikan di Indonesia, dalam upaya memujudkan masyarakat masa depan Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...