Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 1 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD

Fahni Hidayanti (Universitas Sebelas Maret)
Tri Saptuti Susiani (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model Problem Based Learning, meningkatkan keterampilan proses IPA, dan meningkatkan hasil belajar IPA. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Sidoharjo. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar IPA dengan model Problem Based Learning. Persentase keterampilan proses IPA siklus I = 78,6%, siklus II = 84,2%, dan siklus III = 90,1%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I = 70,8%, siklus II = 83,3%, dan siklus III = 91,7%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda pada siswa kelas V SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...