Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 1 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Implementasi Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Aspek Kemandirian Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV

Nora Puji Evy Damayanti (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model inkuiri terbimbing dengan media konkret untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila aspek kemandirian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Kaligowong pada siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 15 siswa putri dan 15 siswa putra. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan hasil kemandirian siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 70,11%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,78%, dan pada siklus III meningkat menjadi 89,39%.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu meningkatkanya profil pelajar Pancasila aspek kemandirian melalui implementasi model inkuiri berbantuan media konkret pada pembelajaran IPAS materi Indonesiaku kaya budaya siswa kelas IV SDN 2 Kaligowong tahun ajaran 2022/2013.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...