Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Kartu Kuartet sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Pengamalan Nilai Pancasila di Fase A

Indri Olivia Herlina (Universitas Pendidikan Indonesia)
Arie Rakhmat Riyadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Faisal Sadam Murron (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila pada fase A, dikarenakan metode pembelajaran yang terbatas dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan media kartu kuartet untuk meningkatkan pemahaman pengamalan nilai pancasila di fase A. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis & Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan klasikal siswa mencapai 54,5% berada dalam kriteria cukup baik dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 70. Pada siklus II, ketuntasan belajar klasikal siswa meningkat menjadi 91% yang berada dalam kriteria sangat baik dan nilai rata-rata meningkat menjadi 81,82. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media kartu kuartet dapat meningkatkan pemahaman pengamalan nilai pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...