Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 1 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda pada Siswa Kelas VB SD Negeri 5 Panjer Tahun Ajaran 2022/2023

Laela Nugraheni (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)
Muhamad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penerapan model dan media pembelajaran yang tepat akan membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah model Discovery Learning dengan media konkret. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas VB SD Negeri 5 Panjer tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan model Discovery Learning dengan media konkret,. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas kolaboratif di SD Negeri 5 Panjer pada kelas VB dengan siswa sebanyak 24 orang. Data pada penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan nilai hasil belajar dengan sumber data dari siswa dan guru kelas VB serta teman sejawat. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, wawancara, dan soal evaluasi. Tenik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda melalui penerapan model Discovery Learning dengan media konkret. Rata-rata persentase hasil belajar pada siklus I = 81,25%, siklus II = 89,59%, dan siklus III = 91,67%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas VB SD Negeri 5 Panjer tahun ajaran 2022/2023. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...