Model dan media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam ketercapaian hasil belajar. Namun masih terdapat guru yang belum memanfaatkan kedua hal tersebut dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa kebangsaan seputar proklmasi kemerdekaan pada siswa kelas V melalui penerapan model Numbered Head Together (NHT) dengan media visual. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Kutowinangun. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar IPS tentang peristiwa kebangsaan seputar proklmasi kemerdekaan dengan penerapan NHT dengan media visual. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I = 72,22%, siklus II = 83,33%, dan siklus III = 90,73%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa kebangsaan seputar proklmasi kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kutowinangun tahun ajaran 2022/2023.
Copyrights © 2024