Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 1 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Cooperative Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Aspek Kerja Sama

Restu Anisa Wardanik (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Moh Salimi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Profil pelajar pancasila merupakan kebijakan baru pemerintah dalam pendidikan salah satunya aspek kerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan profil pelajar pancasila aspek kerja sama siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran IPA. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model group investigation diperoleh hasil persentase pada siklus I = 77,31%, siklus II = 83,21%, siklus III = 90,27. Kerja sama siswa diperoleh hasil pada siklus I = 74,14%, siklus II = 80,25%, siklus III = 87,18%. Dampak pengiring diperoleh hasil pada siklus I = 75,34%, siklus II = 81,25%, siklus III = 88,14%. Dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation meningkatkan profil pelajar pancasila apek kerja sama dalam penyelidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...