Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 1 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran PPKN Tentang Lambang Negara Garuda Pancasila Pada Siswa Kelas III SDN 2 Sidomukti Tahun Ajaran 2022/2023

Rizki Setiawan (Sebelas Maret University)
Suhartono Suhartono (Sebelas Maret University)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 guru diharuskan kreatif dalam aspek pembelajaran maupun aspek kehidupan. Untuk itu, diperlukan kreativitas dalam dunia pendidikan agar menghasilkan generasi penerus bangsa unggul. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran PPKn siswa kelas III; (2) mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran PPKn siswa kelas III; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Project Based Learning dalam peningkatan kreativitas siswa pada pelajaran PPKn siswa kelas III. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menggunakan metode diskusi, tanya jawab, penugasan, dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan persentase kreativitas siswa dengan aspek fleksibilitas, originalitas, elaborasi, dan fluensi pada siklus I = 63,64%, siklus II = 79,375%, dan siklus III = 85,51%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penerapan model Project Based Learning dengan media kartu gambar dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas III SD N 2 Sidomukti tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...