Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal pada Sekolah Menengah Kejuruan: Systematic Literature Review

Ayu Fiska Nurryna (Universitas Sebelas Maret)
Indah Widiastuti (Universitas Sebelas Maret)
Herman Saputro (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu lembaga pendidikan vokasi yang memiliki peran strategis dalam mencetak tenaga kerja terampil sesuai dengan kebutuhan industri. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMK diperlukan untuk memastikan kualitas standar kompetensi lulusannya memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan juga dapat memenuhi kebutuhan industri. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan SPMI di Sekolah Menengah Kejuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literatur Review (SLR). Hasil penelitian berdasarkan 11 artikel yang telah di review menunjukkan bahwa pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal di beberapa SMK belum efektif dikarenakan satuan pendidikan belum menerapkan sistem penjaminan mutu secara terpadu, sinergis, dan berkelanjutan. Sedangkan di beberapa SMK hasil dari pelaksanaan SPMI telah memberikan dampak yang positif terhadap kinerja dan reputasi sekolah. Dapat disimpulkan bahwa SPMI adalah sistem yang pelaksanaannya membutuhkan faktor pendukung terlebih dari internal yaitu seluruh stakeholder yang ada pada satuan pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...