Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Video Animasi Kelas 2 Sekolah Dasar

Surya Agung Wibowo Mugiyo (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Rakhap Sulastri (TK Bopkri Sidomulyo)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Media pembelajaran video animasi merupakan salah satu media yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi karena mampu menyampaikan konsep abstrak pada pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi benda langit di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan observasi wawancara dengan guru serta siswa kelas 2 sebagai subjcek penelitian. Teknik analisis data mengguanakan alur dari Miles dan Hubermen (1992) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan dan hasilĀ  menunjukan perlunya kesiapan teknologi bagi guru dan siswa, sehingga kebutuhan terhadap media pembelajaran berbasis video animasi dapat terakomodasi untuk menjelaskan konsep sains yang abstrak. Rekomendasi penelitian ini, media pembelajaran berbasis animasi dapat digunakan pada materi sains, khusunya pada siswa kelas rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...