Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Pengembangan Modul Ajar Berbasis CTL dengan Berbantuan Big Book Untuk Meningkatkan Literasi Finansial Peserta Didik Fase B

Devi Aulia Oktaviani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Babang Robandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mubarok Somantri (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan program literasi finansial secara optimal dan belum adanya modul ajar yang khusus berfokus pada program tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan desain awal, menilai kelayakan, dan mengevaluasi hasil dari pengembangan modul ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial peserta didik Fase B. Metode yang digunakan adalah Design and Development (D&D) dengan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Hasil penilaian dari ahli desain, materi, dan pembelajaran menunjukkan skor rata-rata sebesar 98,75%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Setelah modul ajar diuji coba pada peserta didik Fase B dengan menggunakan pre-test dan post-test, nilai rata-rata peserta meningkat dari 65 menjadi 86,36. Selain itu, uji N-gain menunjukkan hasil rata-rata 0,61, yang tergolong dalam kategori sedang. Oleh karena itu, modul ajar berbasis CTL ini dinyatakan layak untuk digunakan dan efektif dalam meningkatkan literasi finansial peserta didik Fase B.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...