Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
Vol 7, No 6 (2023): November

Pengaruh keikutsertaan dalam organisasi dan Pengalaman PKL terhadap penguasaan soft skill siswa SMKN 3 Surakarta

Amarla Rachel Listi Arta (Sebelas Maret University)
Susantiningrum Susantiningrum (Sebelas Maret University)
Patni Ninghardjanti (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Abstrak: Tujuan dari studi ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah ada efek dari partisipasi dalam kegiatan organisasi pada penguasaan keterampilan lunak siswa di SMKN 3 Surakarta; 2) untuk mencari tahu apakah ada pengaruh dari program magang pada Penguasaan Keterampilan Lunak Siswa di SMKN 3 surakarta; dan 3) untuk menemukan apakah Ada Efek dari Partisipasi Dalam Kegiatan Organisasi dan Penjual Jalan Bersama pada Penguasaian Keterampilannya Siswa Di SMKN 3. Populasi adalah semua siswa kelas OTKP 12, total 106 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh positif antara partisipasi siswa dalam kegiatan organisasi dan penguasaan keterampilan lunak, seperti yang ditunjukkan oleh t count (2.107) > t tabel (1.983) dan nilai signifikansi 0,038 < 0,050, 2) ada pengaruhnya positif antara program magang dan Penguasaan Keterampilan Lunak, sebagaimana dibuktikan dengan t count (3.774) > t Table (1.983), dan 3) ada secara simultan pengaruh yang positif dari Partisipasi mahasiswa dalam Aktivitas Organisasi dan Program Magang pada pengujian keterampilan lembut, seperti dibuktikan oleh nilai Fcount (11.661) > Ftable (3.08).Kata Kunci: kuantitatif; organisasi sekolah; program magangAbstract: The aims of this study were: 1) to find out whether there was an effect of participation in organizational activities on the soft skill mastery of students at SMKN 3 Surakarta; 2) to find out whether there is an influence of internship programs on the soft skill mastery of students at SMKN 3 Surakarta; and 3) to find out whether there is an effect of participation in organizational activities and street vendors together on the soft skill mastery of students at SMKN 3 Surakarta. This study uses quantitative techniques and correlational methods. The population is all OTKP grade 12 students, totaling 106 students. The results show that:1) there is a positive influence between student participation in organizational activities and the mastery of soft skills, as evidenced by t count (2.107) > t table (1.983) and a significance value of 0.038 <0.050, 2) there is a positive influence between the internship program and the mastery of soft skills, as evidenced by t count (3.774) > t table (1.983), and 3) there is simultaneously a positive influence of student participation in organizational activities and internship programs on the mastery of soft skills, as evidencedby the value of Fcount (11.661) > Ftable (3.08).Keywords: internship program; quantitative; school organization

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan ...