Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
Vol 8, No 3 (2024): Mei

Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui implementasi model pembelajaran two stay two stray siswa SMK Batik 2 Surakarta

Dita Saopsanggi Pratiwi (Sebelas Maret University)
Wiedy Murtini (Sebelas Maret University)
Susantiningrum Susantiningrum (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
06 May 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII OTKP SMK Batik 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII OTKP 1 SMK Batik 2 Surakarta yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dibuktikan pada penelitian siklus I dan siklus II. Pada siklus I, presentase ketuntasan tes sebesar 60,87% dan persentase hasil observasi sebesar 60,43%, termasuk ke dalam kategori cukup kreatif. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan tes dan hasil observasi meningkat menjadi 82,61% termasuk dalam kategori sangat kreatif.Keywords: berpikir inventif; pembelajaran kooperatif; bertukar informasi Abstract: This research was carried out to know whether the cooperative learning model of the two stay two stray types can improve the creative thinking skills of class XII OTKP SMK Batik 2 Surakarta. This study uses the classroom action research method. The subjects in this study were students of class XII OTKP 1 SMK Batik 2 Surakarta, which consisted of 23 students. Data collecting techniques used in this study were tests, observations, interviews, and documentation. The data analysis used is the analysis of the percentage. The results showed that the cooperative learning model of the two stay two stray types could improve the creative thinking skills of class XII OTKP SMK Batik 2 Surakarta. It was proved by research cycle I and cycle II. In cycle I, the percentage of test completeness was 60,87% and the percentage of observations was 60,43%, which was included in the quite creative category. Whereas in cycle II, the percentage of test completeness and observation results increased to 82,61%, including the very creative category.Keywords: inventive thinking; cooperative learning; exchange information

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan ...