Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
Vol 7, No 6 (2023): November

Tata ruang kantor pada komisi pemilihan umum Kota Surakarta

Ruth Dian Putri Indriajati (Sebelas Maret University)
Wiedy Murtini (Sebelas Maret University)
Winarno Winarno (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata letak kantor di KPU Kota Surakarta dalam kaitannya dengan kinerja pegawai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Prosedur penelitian menggunakan identifikasi masalah, penentuan fokus penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata ruang kantor di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta menggunakan tipe tata ruang kantor campuran. Tipe tata ruang kantor ini sudah sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi tata ruang kantor. Kinerja pegawai dengan tata ruang kantor tipe ini tetap stabil karena pegawai merasa nyaman dan menerima kondisi yang ada. Namun, mereka menyadari bahwa tata ruang kantor yang lebih baik pasti akan berdampak pada kinerja.Kata Kunci : kinerja pegawai; kualitatif; pegawaiAbstract: This study aimed to determine the layout of the office at KPU Kota Surakarta in relation to employee performance. This research is qualitative. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. Test the validity of the data using source and method triangulation. Qualitative data analysis was carried out interactively and continuously until completion. The research procedure uses problem identification, determination of research focus, data collection, data analysis, and research reports. The results showed that the office layout at the Surakarta City Election Commission Office used a mixed type of office layout. This type of office layout is in accordance with the factors that affect the office layout. Employee performance with this type of office layout remains stable because employees feel comfortable and accept existing conditions. Still, they realize that a better office layout will undoubtedly impact performance.Keywords: employee; performance; qualitative

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan ...