Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
Vol 8, No 1 (2024): Januari

Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi

Javier Rama Alfiantama (Sebelas Maret University)
Patni Ninghardjanti (Sebelas Maret University)
Susantiningrum Susantiningrum (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar di SMA Negeri 1 Cikarang Utara; 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar di SMA Negeri 1 Cikarang Utara; dan 3) Pengaruh secara bersama-sama fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar di SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Jumlah populasi dari penelitian ini 107 dan jumlah sampel nya adalah 52, penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji analisis regresi linear berganda, Uji F, dan Uji t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh dari fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan hasil uji t 2.267 > 2.00958 atau H0 ditolak, H1 diterima; 2) Terdapat pengaruh dari motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan hasil uji t 2.197 > 2.00958 atau H0 ditolak, H2 diterima; 3) Terdapat pengaruh dari fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan hasil uji F 39.318 > 3,18b atau H0 ditolak, H3 diterima.  Keywords: keinginan belajar; perolehan belajar; sarana belajar Abstract: This study uses quantitative research to know; 1) whether or not there is an influence of learning facilities on learning outcomes; 2) whether or not the influence of learning motivation on learning outcomes; 3) whether or not the influence of learning facilities and learning motivation on learning outcomes. This research was conducted at SMA Negeri 1 Cikarang Utara. The total population of this research is 107, and the total sample is 52. The sampling technique used was proportionate random sampling. Data collection techniques from this study used questionnaires, observation, and documentation. The data analysis techniques used in this study are multiple regression analysis, F test, and t-test. the results of this study are: 1) There is an influence of learning facilities on learning outcomes with the results of the t-test 2.267 > 2.00958 or H0 is rejected, H1 is accepted; 2) There is an influence of learning motivation on learning outcomes with the results of the t-test 2.197 > 2.00958 or H0 is rejected, H2 is accepted; 3) There is an influence of learning facilities and learning motivation on learning outcomes with the results of the F test 39,318> 3.18b or H0 is rejected, H3 is accepted.  Keywords: desire to learn; learning gains; learning tools

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan ...