JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Keterlibatan Masyarakat dalam Penyusunan APBDes di Desa Sampali Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Sumatera Utara

Isnawati, Endang (Unknown)
Damanik, Agnes Elsonya (Unknown)
Manik, Ari Yohannes Setiawan (Unknown)
Nababan, Olivia Hana Putri (Unknown)
Manurung, Thessa D Triputri (Unknown)
Sinurat, Yohana (Unknown)
Ivana, Julia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Partisipasi masyarakat dalam penyusunan anggaran dan anggaran rumah tangga (APBD) sangat penting untuk memastikan bahwa anggaran yang diusulkan mencerminkan kebutuhan dan aspirasi warga. Proses partisipatif ini meningkatkan transparansi, akuntabilitas dan kepemilikan pembangunan desa. Melalui musyawarah desa, masyarakat dapat menyampaikan ide dan usulan yang akan dijadikan bahan pertimbangan untuk menyusun APBD desa. Tantangan dari peluang ini adalah sikap apatis warga dan kurangnya pengetahuan mengenai proses ini. Oleh karena itu, sangat diperlukan peningkatan kapasitas pemilik desa dan kemitraan yang efektif untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat.Penelitian ini kami lakukan di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam penyusunan APBD. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan kualitatif serta menganalisis data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, tinjauan pustaka dan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam mengatur pendapatan dan belanja APBDes desa, partisipasi dengan berpikir dengan cara mengemukakan ide atau ide dalam penyusunan APBDes desa Sampali sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pengurus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...