Bioteach : Biology and Biology Education Journal
Vol. 1 No. 02 (2024): Volume 01 Nomor 02 (September 2024)

Biology Labs and High School Student Achievement in Indonesia: A Look at the Data

Andi Rahmat Saleh (Universitas Negeri Makassar)
Sarmila Natasya Andis (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Dalam konteks pendidikan, praktikum telah terbukti menjadi metode pembelajaran yang efektif dalam memfasilitasi pemahaman menyeluruh pada siswa. Praktikum tidak hanya memungkinkan penerapan teori dalam konteks praktis (kognitif), tetapi juga mengembangkan kemandirian dalam perencanaan kegiatan (afektif) dan meningkatkan keterampilan penggunaan alat atau instrumen khusus (psikomotorik). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar di tingkat SMA di beberapa wilayah di Indonesia. Dengan menerapkan metode meta-analisis pada 6 artikel dari jurnal- jurnal Indonesia sebagai subjek penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikum memiliki dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di berbagai tingkatan kelas, materi pelajaran, daerah penelitian, dan maupun rentang waktu yang berbeda. Analisis data mendukung bahwa praktikum efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa karena secara komprehensif menyentuh semua ranah pengetahuan yang relevan. Paktikum merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam merangsang pemahaman menyeluruh pada siswa, memberikan implikasi penting dalam konteks pendidikan di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bioteach

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Other

Description

Journal of Biology science and Biology Education is an open-access peer-reviewed scientific journal published by PT Ininnawa Paramacitra Edukasi. The journal aims to be an excellent platform for the exchange of knowledge in the fields of biology science and biology education. It is dedicated to ...