Pada era ini, beragam individu dari berbagai kelompok usia berkomitmen untuk secara tekun memperdalam pemahaman Al-Qur'an, termasuk anak-anak dan orang dewasa. Proses menghafal Al-Qur'an dianggap sebagai tanggung jawab besar yang membutuhkan kesungguhan dan ketekunan. Adapun penelitia ini bertujuan untuk memahami dinamamika psikologis mahasiswa penghafal al-quran ditinjau dari surah faatir ayat 32. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang mencakup teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun penghafal Alquran, yang dikenal sebagai "Hafiz" atau "Hafizah", adalah individu yang mempunyai kemampuan menghafal seluruh teks Alquran. Kemudian dinamika psikologi mahasiswa penghafal AL-Qur’an ditinjau dari surah Faatir Ayat 32 yaitu Ayat 32 dari Surat Faatir mengajarkan bahwa setiap beban yang kita pikul adalah tanggung jawabnya dan keyakinan terhadap surat Faatir ayat 32 membantu mereka mengatasi stres. Hafalan Al-Qur'an juga menjadi sumber ketenangan batin dan memotivasi dalam menghadapi tantangan
Copyrights © 2024