Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN 8 Metro Timur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan dari pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik mata pelajaran matematika kelas IV SDN Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi esperiment desain bentuk desain non equivalent control group desain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan tes. Analisis data menggunakan uji t. hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir peserta didik kelas IV SDN 8 Metro Timur dan Ha diterima. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwasannya siswa kelas eksperimen mengalami kenaikan rerata yang lebih besar jika dibandingkan dengan kelas kontrol. The effect of open-ended approach on creative thinking skills of elementary school students Abstract: The problem with this study is the low creative thinking ability of grade IV SDN 8 Metro Timur students. This study aimed to determine the positive and significant influence of the open-ended approach on the creative thinking abilities of students in mathematics at grade IV SDN Metro Timur. This type of research is an experimental study using a quasi-experimental design method for nonequivalent control group design. The data collection technique was carried out using non-test and test techniques. Data analysis using t-test. The results showed that the open-ended approach positively and significantly affected the thinking skills of fourth-grade students at SDN 8 Metro Timur and Ha. In addition, the study's results also showed that the experimental class students experienced a greater average increase compared to the control class.
Copyrights © 2024