Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran game edukasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (RD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI Klirong tahun 2024 dengan subjek siswa kelas VIII A berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan dalam hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan media game edukasi sebesar 10% dibanding dengan hasil belajar siswa sebelum perlakuan. Hasil analisis data kevalidan oleh ahli media berdasarkan persentase sebesar 97,5% dinyatakan sangat valid dan persentase sebesar 93,75% dari ahli materi. Memenuhi kriteria kepraktisan diperoleh dari hasil penilaian angket respon siswa dengan persentase 74,6% yang memenuhi kriteria praktis. Memenuhi kriteria efektif berdasarkan penilaian tes hasil belajar dengan persentase ketuntasan sebesar 80% yaitu melebihi standar ketuntasan sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa media pembelajaran game edukasi dapat meningkatkan hasil belajar layak digunakan.
Copyrights © 2024