Perkembangan anak usia dini adalah fondasi penting yang menentukan kualitas tumbuh kembang anak di masa depan. Kerja sama antara guru dan orang tua berperan krusial dalam proses ini. Di KB Raudhatur Rahmah, Desa Tanjung Leban, kurangnya tanggapan dan keterlibatan orang tua terhadap guru dalam mendukung perkembangan anak menyebabkan masalah serius dalam memahami kebutuhan anak secara holistik. Komunikasi yang buruk antara orang tua dan guru mengakibatkan informasi penting mengenai perkembangan anak tidak tersampaikan dengan baik, sehingga orang tua kurang mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendidik anak di rumah. Ketidakaktifan orang tua berpotensi memperburuk masalah perilaku anak dan menghambat pertumbuhan kognitif serta emosional mereka. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan untuk menganalisis pengaruh kurangnya keterlibatan orang tua terhadap perkembangan anak di KB Raudhatur Rahmah. Temuan menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang konsisten antara rumah dan sekolah. Untuk meningkatkan partisipasi orang tua, perlu diadakan pertemuan rutin antara guru dan orang tua, serta edukasi mengenai pentingnya peran mereka dalam pendidikan anak. Dengan demikian, kolaborasi yang baik antara orang tua dan guru dapat membantu anak mencapai potensi terbaiknya.
Copyrights © 2024