Journal of Citizen Research and Development
Vol 1, No 2 (2024): November 2024

Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural di Kurikulum Merdeka

Sunaryati, Titin (Unknown)
Nisah, Elsih Yulian (Unknown)
Afrilia, Yessa (Unknown)
Cahyani, Citra (Unknown)
Nugraha, Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Evaluasi pembelajaran adalah konsep menyeluruh yang bergantung pada keduanya pengukuran dan penilaian untuk membuat penilaian atau keputusan gabungan. Karakter pendidikan dan evaluasi pembelajaran multikultural di sekolah dasar (SD) disesuaikan dengan tingkat berpikir anak di sekolah dasar. Salah satu  tujuan penerapan Kurikulum Merdeka adalah  menanamkan rasa cinta terhadap budaya daerah dan kearifan lokal yang pada masa sekarang ini sudah mulai  terkikis  akibat  perkembangan  jaman.  Hal  ini  selaras  dengan  pemikiran  Ki Hadjar Dewantara yang dikenal dengan asas trikon  bahwa intinya dalam pendidikan boleh saja mengikuti perkembangan zaman dan tehnologi, tetapi tidak boleh melupakan budaya dan tradisi masyarakat asli Indonesia. Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman karakter nilai-nilai kepada warga sekolah, yang meliputi pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik dari Tuhan Yang Maha Esa (Yang Maha Kuasa), diri kita sendiri, orang lain, lingkungan hidup, dan bangsa agar menjadi manusia yang sempurna. Padahal, pendidikan multikultural memang menjadi bagian yang tidak terpisahkan di semua tingkatan pendidikan. Oleh karena itu investasi nilai multikultural idealnya diterapkan di semua bidang mata pelajaran pada pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan metode library research ( penelitian kepustakaan )  jadi para peserta didik dapat menjadi generasi yang selalu menjunjung tinggi moralitas, kedisiplinan, kepedulian humanistik, dan kejujuran dalam berperilaku sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcrd

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Education Medicine & Pharmacology

Description

JCRD Journal of Citizen Research and Development dengan nomor ISSN terdaftar 3048-2933 (Cetak - Print) dan 3048-2941 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JCRD Journal of Citizen Research and Development bertujuan untuk mempublikasikan ...