Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode berbasis permainan edukatif terhadap hasil belajar operasi bilangan bulat pada siswa kelas VI SD IT Insan Madani. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional dan kelompok eksperimen yang diajar dengan metode permainan edukatif. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest dengan soal esai untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yang diajar menggunakan metode permainan edukatif adalah 80, sementara kelompok kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional hanya mencapai rata-rata 70. Uji hipotesis menunjukkan nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode permainan edukatif berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024