Prosiding Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Vol. 2 (2024): Tantangan, Peluang Pendidikan dan Pembelajaran di Era Society 5.0

PENGARUH BULLYING TERHADAP INTERAKSI SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Nazra Syafira (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Siti Masyithoh (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Dalam sebuah Pendidikan pasti tidak luput akan terjadinya kasus pembullyian terutama di Tingkat sekolah dasar, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk : 1. Apakah ada pengaruh bullying terhadap interaksi sosial siswa di sekolah dasar? 2. Bagaimana gambaran perilaku bullying yang terjadi pada siswa di sekolah dasar?. Pengumpulan data dengan menggunakan study kepustakaan dengan literatur review dari beberapa jurnal sekolah dasar. Tulisan ini menerapakan metode deskriptif kualitatif berjenis penelitian berupa studi kepustakaan (library research) yakni mengumpulkan informasi ataupun karya tulis ilmiah yang memiliki hubungan dengan literature review yang bersifat kepustakaan. Penelitian deskriptif dan kualitatif yang dikombinasikan kemudian disebut juga sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara perilaku bullying terhadap interaksi social siswa yang disebabkan bullying verbal maupun bullying non verbal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pps

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Ilmu Pendidikan dan Keguruan adalah mencakup teori, metodologi, dan aplikasi mutakhir pada lingkungan pendidikan. Kontribusi yang diambil meliputi pengembangan teoritis dan aplikasi pendidikan. Bidang-bidang yang disertakan dalam seminar ini adalah: Pendidikan Sosiologi Pendidikan Guru ...