EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif IPA Menggunakan Canva Terintegrasi HOTS di Sekolah Dasar

Asyri, Derin (Unknown)
Habibi, Mhmd. (Unknown)
Aramudin, Aramudin (Unknown)
Sopia, Sopia (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Keadaan saat siswa belajar di Sekolah Dasar dihadapkan dengan permasalahan siswa yang minat belajarnya kurang. Peran guru diperlukan dengan menggunakan metode belajar yang menarik agar siswa termotivasi dan lebih meningkatkan hasil belajar. Riset ini memiliki tujuan yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran game interaktif pada materi gaya dan perpindahannya terintegrasi HOTS untuk kelas IV Sekolah Dasar di Pekanbaru. Riset ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan dengan memakai model dari Borg and Gall yang hanya sampai dengan 8 tahapan, karena disesuaikan dengan kebutuhan dan waktu penelitian. Subjek penelitian ini terdiri atas siswa kelas IV dan guru kelas IV, tim ahli validator, dan peneliti. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes, kesioner, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal, analisis produk, dan analisis data akhir. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu uji validasi ahli media sebanyak 86% (layak), uji validasi ahli materi sebanyak 84,25% (layak), serta hasil uji efektivitas yang diperoleh bahwa pada nilai sebelum dan sesudah terjadi peningkatan nilai rata – rata pengetahuan. Jadi, media pembelajaran interaktif berbasis dengan bantuan Canva memiliki kualifikasi yang baik, layak, serta efektiv untuk dIPAkai dalam melakukan proses pembelajaran dengan mengintegrasikan HOTS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...