Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara (JPGENUS)
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara (JPGENUS)

Evaluasi Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi WhatsApp pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Kabupaten Donggala: Meida Esterlina Marpaung*, Ika Restanti, Ratman

Meida Esterlina Marpaung (Universitas Tadulako)
Ika Restanti (Universitas Tadulako)
Ratman (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran kimia di kelas XI di SMA Kabupaten Donggala. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik dari beberapa sekolah yang ada di SMA Kabupaten Donggala yang berjumlah sekitar 98 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket ( kuesioner), wawancara, dan dokumentasi . Berdasarkan penelitian yang dilakukan dalam evaluasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp pada mata pelajaran kimia di kelas XI SMA di Donggala, didapatkan hasilnya dalam pengenalan Whatsapp 76,7 % menunjukkan bahwa Sebagian besar peserta didik mengetahui aplikasi dan cara penggunaan aplikasi, 53,4 % menyatakan setuju bahwa keterlaksanaan prose belajar terlaksana dengan baik, 42,5 % menyatakan bahwa dengan adanya aplikasi Whatsapp membuat guru dan siswa bisa berkomunikasi dan berintekasi dan mengakses materi yang diberikan dengan baik dan 40,3 % menyatakan bahwa tidakĀ  memiliki kendala dalam keterlaksanaan proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa evaluasi proses pembelajaran daring di SMA Kabupaten Donggala kategori baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpgenus

Publisher

Subject

Education

Description

Focus : JP Genus berfokus pada manuskrip hasil penelitian dan kajian literatur dosen, mahasiswa dan guru pada bidang pendidikan. Scope: Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Jasmani ...