Otus Education Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol. 2 No. 2 (2024): Agustus 2024

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIIMTs NW KARANG BARU: The Effect Of Learning Media Snakes And Ladder In Biology Subject On Students' Cognitive Learning Outcomes In Class VII MTs NW Karang Baru, East Lombok

Muhammad Abdul Mubin (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Indonesia)
Raden Didi Kuswara (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Indonesia)
Zulkarnain Gazali (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media belajar ular tangga biologi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII Mts NW Karang Baru. Jenis penelitian ialah quasi ekperimen dengan rancangan pretest posttest non-equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs NW Karang Baru yang terdiri dari tiga kelas dan yang menjadi sampel ialah kelas VIIA dan VIIB yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan Hasil analisis uji-t diperoleh nilai thitung 62,81 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0.000 < 0,05) artinya ada pengaruh yang nyata penggunaan media pembelajaran ular tangga biologi terhadap hasil belajar kognitif dengan nilai R square 0.744 atau sama dengan 74%, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan media belajar ular tangga cukup besar pengaruhnya terhadap peningkatan hasil belajar koginitif siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

oej

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Energy Environmental Science

Description

Scientific articles related to Biology: Botany, Zoology, Microbiology, Ecology, Genetics, Biotechnology, Molecular Biology, Bioconservation. The scope includes articles on Biology Education (Research on Biology/Science Learning, Biology teaching materials at all educational levels): Pure Biological ...