cover
Contact Name
Husnul Budiatman Dani
Contact Email
budiatmandani@uinmataram.ac.id
Phone
+6287864847255
Journal Mail Official
otusedujournal@uinmataram.ac.id
Editorial Address
Jln Gadjahmada No 100 Jempong Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Otus Education Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
ISSN : -     EISSN : 30258936     DOI : https://doi.org/10.62588
Scientific articles related to Biology: Botany, Zoology, Microbiology, Ecology, Genetics, Biotechnology, Molecular Biology, Bioconservation. The scope includes articles on Biology Education (Research on Biology/Science Learning, Biology teaching materials at all educational levels): Pure Biological Research developed or studied through sources, materials, or Biology/Science learning media (Biology teaching materials at all educational levels and their applications in society), Curriculum of Biology Education at all educational levels, Classroom Action Research (CAR) and Lesson Study, Other Qualitative Research in Biology Education, School Management and Laboratory Management of Biology/Science, Evaluation of Biology/Science Learning, Teacher Professionalism Issues/Trends in Biology Education, Other studies within the scope of Biology Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 28 Documents
Okulasi Tanaman Mangga dan Langsat untuk Membuktikan Adanya Komunikasi Sel Tanaman Beda Jenis Juwita Lestari; Firman Ali Rahman
Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Otus Edu Journal Prodi Tadris IPA Biologi UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62588/n74r0888

Abstract

Tumbuhan melakukan berbagai macam jenis aktivitas seperti halnya berkomunikasi. Tumbuhan dapat berkomunikasi secara eksternal dan internal (seluler). Komunikasi seluluer pada tumbuhan dapat dianalisa melalui eksperimen okulasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membuktikan adanya komunikasi pada tanaman beda jenis dan untuk menganalisa benuk komunikasi seluler pada tanaman. Okulasi yang dilakukan menggunakan dua jenis tanaman yang berebeda yaitu tanaman mangga dan langsat. Adapun hasil dari penelitian yaitu tidak ditemukan adanya komunikasi seluler dari kedua jenis tanaman tersebut. Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab ketidakberhasilan diantaranya factor stress tanaman, factor kekerabatan tanaman, serta factor anatomi dan fisiologi dari masing-masing tanaman okulasi. 
Pengaruh Media Tanam Biocar Tongkol Jagung dan Serabut Kelapa terhadap Produktivitas Tanaman Tomat (Solanum lycopersicim L.) Dengan Tehnik Verikultur Busrya; Ervina Titi Jayanti; Nurdiana; Firman Ali Rahman
Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Otus Edu Journal Prodi Tadris IPA Biologi UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62588/m4ex8q23

Abstract

Tanaman tomat (Solanum Lycopersicum L.) adalah salah satu komoditas sayuran yang banyak dikenal masyarakat dan memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas tanaman tomat adalah pengikat unsur hara Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tanam biocar tongkol jagung dan serabut kelapa terhadap produktivitas tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) dengan teknik vertikultur. Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri dari 7 perlakuan dengan 4 ulangan yaitu PO (100% tanah), P1 (60% tanah + 40% biocar tongkol jagung), P2 (50% tanah + 50% biocar tongkol jagung), P3 (40% tanah + 60% biocar tongkol jagung), P4 (60% tanah + 40% serabut kelapa), P5 (50% tanah + 50% serabut kelapa) dan P6 (40% tanah + 60% serabut kelapa), variabel yang diamati seperti jumlah bunga pertandan, jumlah bunga pertanaman, jumlah tandan buah, jumlah buah pertanaman, jumlah buah pertandan dan berat basah buah/kg. Hasil penelitian menunjukan bahwa media tanam biocar tongkol jagung dan serabut kelapa berpengaruh terhadap produktivitas tanaman tomat, dimana perlakuan 50% serabut kelapa memberikan produktivitas tanaman tomat yang tertinggi dan tidak menggunakan media tanam memberikan hasil terendah. 
Keanekaragaman Cacing Tanah Pada Tanah Residu Pestisida di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat Dodik Saputra; M. Harja Efendi; Risa Umami
Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Otus Edu Journal Prodi Tadris IPA Biologi UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62588/dy0gfn03

Abstract

Penggunaan pestisida pada lahan pertanian dimaksudkan untuk mempertahankan produksi dan mengusir hama pertnaian tanaman sayuran (sawi). Akan tetapi, kurangnya ilmu pengetahuan tentang dampak dan bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan pestisida pada lahan pertanian menyebabkan pengaplikasian pestisida dilakukan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan dosis yang telah di tentukan. Sehingga dapat mengganggu kelangsungan hidup organisme yang ada di sekitarnya. Salah satu organisme yang secara langsung terkena oleh dampak residu pestisida adalah cacing tanah.Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis kepadatan cacing tanah pada lahan pertanian sayuran (sawi) terpapar pestisida di Dusun Bug-bug, Kecamatan Lingsar – Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data penelitian nantinya akan di lakukan dengan menggambarkan dan mengidentifikasi hasil penelitian dalam bentuk data dan tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di lahan pertanian sayuran (sawi) ada lima jenis cacing tanah yang didapatkan, yaitu: species Lumbricus rubellus, Lumbricus terrestis, Phontoscolex corethrurus, Perionyx excavatus dan Eisenia foetida. Kepadatan cacing tanah di lahan pertanian yaitu Lumbricus rubellus (0,28) dan Lumbricus terrestis (0,142) dan Pontoscolex sp. (0,28), Perionyx excavatus (0,142), serta Eisenia foetida (0,142).
Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dipadu Dengan Media Torso Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas VIII SMP Negeri 2 Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022 Irdina Martha; Suhirman; Neneng Agustiningsih
Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Otus Edu Journal Prodi Tadris IPA Biologi UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62588/vpcmcr25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick dipadu media torso terhadap hasil belajar siswa Biologi kelas VIII SMP Negeri 2 Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini  adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen.  Populasi  sebanyak 80  dengan mengambil 2 kelompok semple yang dimana sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data, lembar observasi dan hasil belajar, dan untuk analisis data menggunakan uji korelasi. Berdasarkan data yang dihasilkan peneliti nilai sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan H1 diterima sehingga diperoleh kesimpulan adanya hubungan hasil belajar. hasil belajar tidak berhubungan. Berdasarkan nilai sig (2-tailed) = 0,000 > 0,05 artinya Ho diterima dan H1 ditolak sehingga diperoleh kesimpulan tidak adanya hubungan antara  hasil belajar. 
Pengaruh Metode Demonstrasi yang Diajarkan Dengan Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2021/2022 Yuliani; Alwan Mahsul; Neneng Agustiningsih
Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Otus Edu Journal Prodi Tadris IPA Biologi UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62588/zgxnvx40

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi yang diajarkan dengan model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen (Quasi-Experimental). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIPA 1, sebanyak 4 kelas dengan jumlah keselurhan siswa sebanyak 72 siswa. Penelitian ini memakai dua kelompok sampel, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, penelitian berjumlah 18 siswa untuk kelompok eksperimen dan 18 siswa untuk kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini yaitu kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode demonstrasi yang diajarkan dengan model project based learning (PjBL), sedangkan untuk kelompok kontrol yaitu kelompok siswa nyang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa test essay dan lembar observasi yang kemudian diuji coba pada kelas dengan pretes-posttes desaign. Hasil rata-rata analisis data kuantitatif menunjukkan ketercapain keterampilan berpikir kreatif siswa pada pretes dan posttest. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji-t’n (α = 0,05) diperoleh hasil sebesar 0,000. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan N-Gain, diperoleh hasil 62,86 berkategori tinggi. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi yang diajarkan dengan model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2021/2022.
Pengaruh Variasi Media Tanam Biochar Tongkol Jagung Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.) Usnul Melawti; Edi M. Jayadi; Ervina Titi Jayanti
Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Otus Edu Journal Prodi Tadris IPA Biologi UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62588/ev3ygv74

Abstract

Kacang hijau (Vigna radiata L.) merupakan salah satu tanaman pangan sumber protein nabati. Kandungan protein kacang hijau sebesar 22%, yang menempati urutan ketiga setelah kedelai dan kacang tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi media tanam biochar tongkol jagung terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau (Vigna radiata L.). Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Terdapat 6 perlakuan variasi media tanam yaitu P0, P1, P2, P3, P4, P5 dan P6, masing-masing perlakuan dengan 4 kali ulangan dan pada setiap ulangan ditanam 3 biji tanaman kacang hijau. Parameter yang diamati pada pertumbuhan tanaman kacang hijau yaitu tinggi tanaman, jumlah helai daun, lebar daun, panjang akar, berat basah tanaman, dan berat kering tanaman. Parameter yang diamati pada hasil tanaman kacang hijau yaitu jumlah bunga, jumlah polong, jumlah biji dan berat biji. Analisis data yang digunakan yaitu uji sidik ragam Annalisis Of Varians (Anova). Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan variasi media tanam biochar tongkol jagung berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. Perlakuan yang dominan memiliki nilai tertinggi yaitu perlakuan P1 dengan pemberian variasi 10% media tanam biochar tongkol jagung. Penggunaan variasi media tanam biochar tongkol jagung tidak berpengaruh terhadap hasil tanaman kacang hijau. Perlakuan yang dominan memiliki nilai tertinggi yaitu perlakuan P1 dengan pemberian variasi 10% media tanam biochar tongkol jagung. 
Penggunaan Media Gambar pada Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 6D di MIN 2 Mataram Tahun Ajaran 2023 – 2024 Heni Kurniati
Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Otus Edu Journal Prodi Tadris IPA Biologi UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62588/qmxg3211

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaandaya serap siswa terhadap materi atau pengetahuan tentang tata surya yang diberikansehingga menyebabkan nilai siswa kurang. Untuk itu, tujuan dalampenelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan Penggunaan Media GambarPada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 6DMI Negeri 2 Mataram Tahun Ajaran 2023 – 2024. Selain penggunaan mediagambar yang dianggap paling tepat oleh peneliti, metode yang digunakan jugabervariasi yaitu ceramah , tanya jawab dan diskusi agar siswa dapat lebih aktifdalam pembelajaran. Media gambar dan metode yang bervariasi tersebut dapatmenimbulkan minat dan perhatian siswa untuk aktif dan mengikuti proses belajarmengajar dengan lebih kondusif dan terarah. Selain itu, media gambar jugamempermudah siswa mengetahui bentuk dan wujud anggota tata surya yang tidakdapat dihadirkan langsung dalam lingkungan belajar. Seperti yang diinginkanpeneliti, hasil dari penelitian ini dapat mencapai tujuan kompetensi. Yakni siswamengetahui susunan tata surya dan dapat menyebutkan karakteristik masing –masing anggota tata surya setelah menerapkan media gambar dalampembelajaran. Dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media gambar padamateri tata surya ini dapat meningkatkan hasil pembelajaran seperti yangdiinginkan. 
Hubungan Pemahaman Konsep Biologi Terhadap Etika Makan Sesuai Sunnah di MAN 1 Lombok Barat Putrali Aulia; Nining Purwati; Ali Harris; Alwan Mahsul; Zainuddin; Muhsinul Ihsan
Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2024): April 2024
Publisher : Otus Edu Journal Prodi Tadris IPA Biologi UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62588/otusedu.2024.v2i1.0017

Abstract

Pemahaman konsep memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar dan merupakan dasar dalam mencapai hasil belajar. Dalam hal pemahaman konsep, siswa tidak hanya sebatas mengenal, tetapi harus dapat menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya. Padahal Pendidikan nasional bertujuan untuk membentuk manusia yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia, tidak hanya mengembangkan potensi kecerdasan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Terhadap Etika Makan Sesuai Sunnah Di MAN 1 Lombok Barat. Metodologi penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian ini siswa MAN 1 Lombok Barat KLS XI pada tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini KLS XIA sebanyak 20 orang. Data diambil menggunakan Soal Tes dan Angket. Hasil penelitian menunjukkan: Pemahaman Konsep Biologi Materi Sistem Pencernaan di MAN 1 Lombok Barat tergolong ke dalam dua kategori yaitu Baik sebesar (45%), dan kategori Cukup baik (55%). Sedangkan pada Perilaku siswa terhadap Etika Makan Dan Minum Sesuai Sunnah di MAN 1 Lombok Barat tergolong ke dalam tiga kategori yaitu kategori sangat baik (40%), Baik (55%), dan cukup baik (5%). Dan perhitungan Korelasi menunjukkan bahwa tidak terdapat Hubungan yang signifikan antar Pemahaman Konsep Biologi Materi Sistem Pencernaan dengan Etika Makan Dan Minum Sesuai Sunnah Di MAN 1 Lombok Barat yaitu nilai signififikansi 0,495 > 0,05
Pengaruh variasi kitosan dari eksoskeleton lobster terhadap palatabilitas pakan lobster Ahmad Geofani; Ali Harris; Mukminah; Husnul Budiatman Dani; Samsul Bahri; Muhsinul Ihsan
Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2024): April 2024
Publisher : Otus Edu Journal Prodi Tadris IPA Biologi UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62588/otusedu.2024.v2i1.0018

Abstract

Produksi lobster dipengaruhi oleh ketersediaan pakan dengan tingkat kesukaan dan nutrisis yang tepat, kitosan dapat dimanfaatkan untuk menambah tingkat kesukaan lobster terhadap pakan buatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi kitosan dari eksoskeleton lobster terhadap palatability pakan buatan lobster. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian true eksperimental mengunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kali pengulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu kosentrasi kitosan, (Perlakuan satu 0%, perlakuan dua 0,6%, perlakuan tiga 0,7%, perlakuan empat 0,8%, dan terakhir perlakuan lima 0,9 %). Hasil penelitian menujukan bahwa penambahan kitosan dari limbah cangkang udang yang diolah menjadi kitosan, selanjutnya di olah menjadi pakan buatan mampu meningkatka kesukaan lobster terhadap pakan buatan tertinggi pada penelitian ini di tunjukan oleh perlakuan 1 sebesar (0,55181 gr), kemudian di ikuti dengan perlakuan 5 sebesar (0,50967 gr), selanjutnya perlakuan 2 sebesar (0,50803 gr), setelah itu di ikuti dengan perlakuan 3 sebesar (0,50342 gr), dan yang terkhir perlakuan 4 sebesar (0,5061 gr).
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Respon Siswa Kelas VIII MTs. Putri Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat Lalu Muktar; Rokyal Aini; Mohan Taufiq Mashuri; Aulia Zulfaeda; Bq Siti Maulida Azmi
Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Otus Edu Journal Prodi Tadris IPA Biologi UIN Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62588/crg9fp63

Abstract

This research aims to determine whether there is an influence of the Problem Based Learning (PBL) learning model on the critical thinking abilities of class VIII MTs students. Putri Al-Ishlahuddiny Kediri, West Lombok. This research is a quasi-experiment research with a quantitative approach, non-equivalent control group research design. The population in this study were all class VIII students consisting of 4 (four) classes. The sampling technique uses cluster random sampling technique. The sample in this study was 42 students from class VIII C as the control class and 41 students from class VIII D as the experimental class. The research instrument uses tests. Based on the research results, the average pretest score for the control class was 24.31 and the average pretest score for the experimental class was 24.29, while the average score for the experimental class posttest was higher than the control class posttest with the average posttest class score the experimental score was 68.29 and the average posttest score for the control class was 62.92 and was included in the equally high class category. Apart from that, the average N-Gain value for the experimental class is 0.57 and the average N-Gain value for the control class is 0.50. The difference in increase from pretest to posttest for the experimental class was 44, while for the control class it was 28.61. Further test results based on the t test using paired samples test show a significant value of 0.000 < 0.05, so it can be seen that H0 is rejected and H1 is accepted.

Page 1 of 3 | Total Record : 28