Rendahnya hasil belajar peserta didik meskipun guru sudah menggunakan media yang sesuai dan model pembelajaran yang bervariasi disebabkan adanya faktor belajar dalam diri peserta didik yang mempengaruhi hasil belajar yaitu kecerdasan emosional (EQ). Kecerdasan emosional yang dimiliki peserta didik dapat membantunya dalam menyelesaikan masalah dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik kelas V A SDN Wonobodro 01 Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel yang diambil adalah 20 peserta didik kelas VA dengan menggunakan teknik nonprobability sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil analisis diperoleh nilai rhitung sebesar 0,896. Sedangkan nilai rtabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,444. Data ini menunjukan bahwa rhitung rtabel atau 0,896 0,444. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar muatan pembelajaran kurikulum merdeka kelas V SD Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang.
Copyrights © 2024