Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 3, No 2 (2024)

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KURIKULUM MERDEKA KELAS V SD NEGERI WONOBODRO 01 KABUPATEN BATANG

Hafish, Roihan Ardwika (Unknown)
Mushafanah, Qoriati (Unknown)
Prasetyo, Singgih Adhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik meskipun guru sudah menggunakan media yang sesuai dan model pembelajaran yang bervariasi disebabkan adanya faktor belajar dalam diri peserta didik yang mempengaruhi hasil belajar yaitu kecerdasan emosional (EQ). Kecerdasan emosional yang dimiliki peserta didik dapat membantunya dalam menyelesaikan masalah dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik kelas V A SDN Wonobodro 01 Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel yang diambil adalah 20 peserta didik kelas VA dengan menggunakan teknik nonprobability sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil analisis diperoleh nilai rhitung sebesar 0,896. Sedangkan nilai rtabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,444. Data ini menunjukan bahwa rhitung rtabel atau 0,896 0,444. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar muatan pembelajaran kurikulum merdeka kelas V SD Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...