Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 3, No 2 (2024)

PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V SDN 01 KARANGMULYO

Setyaningsih, Ayu (Unknown)
Sundari, Riris Setyo (Unknown)
Nuvitalia, Duwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di kelas V yaitu siswa kesulitan dalam memahami materi ekosistem pada muatan IPA, karena kurangnya media pembelajaran yang membuat siswa bosan dalam belajar. Hal ini dipengaruhi karena kurangnya guru dalam mengkreatifkan media pembelajaran saat proses belajar mengajar. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran Flipbook berbasis Augmented Reality. Jenis penelitian Research and Development (RD) merupakan sebuah penelitian pengembangan yang digunakan peneliti sebagai metode untuk menyelesaikan dalam proses penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V SDN 01 Karangmulyo dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi secara langsung, angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument penelitian yang diajukkan oleh dua dosen ahli atau validator yaitu dosen ahli materi diperoleh persentase sebesar 93,75%, dosen ahli media memperoleh persentase 94,23%. Sedangkan hasil persentase guru sebesar 95,75%, untuk persentase siswa mendapatkan 98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Flipbook berbasis Augmented Reality pada materi ekosistem kelas V SDN 01 Karangmulyo termasuk pada katagori “sangat layak” dan Layak digunakan” tanpa adanya revisi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...