Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 1, No 1 (2022): April 2022

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 8 SUBTEMA 3 KELAS IV SD NEGERI 02 BANYUURIP

Agustina, Iin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik tema 8 subtema 3 kelas IV SD Negeri 02 Banyuurip. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan desain Quasi Experimental Design dengan jenis pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes yang terdiri dari prettest-posttest penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 13 siswa. Perhitungan yang digunakan untuk mengetahui normalitas sampel dari populasi dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors, pada taraf signifikan 5% dan N1 = 7 dan n2 = 6, uji normalitas akhir menggunakan nilai posttest peserta didik, data yang diperoleh dari normalitas akhir yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan pengujian uji homogenitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...