Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar muatan pelajaran IPA materi gerakan-gerakan bumi, bulan dan matahari melalui model pembelajaran Role Playing pada siswa kelas 6 SD Negeri 1 Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2021/2022. Subyek penelitian adalah kelas VI dengan jumlah siswa 18 dilakukan tindakan melalui tindakan awal siklus I dilanjutkan tindakan siklus II. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui 2 siklus. Pengumpulan data untuk proses pembelajaran siswa melalui observasi pengamatan siswa pada tindakan awal siklus I dan siklus II. Pengumpulan data untuk hasil pengamatan aktivitas guru melalui observasi teman sejawat pada tindakan siklus I dan siklus II. berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar pada tiap-tiap siklus. Untuk siswa tuntas berjumlah 4 siswa pada pra siklus, meningkat menjadi 14 siswa pada siklus 1 atau 350% dan meningkat menjadi 18 siswa pada siklus II atau 450%. Siswa belum tuntas pada pra siklus berjumlah 14 siswa, menurun menjadi 4 siswa pada siklus I dan pada siklus II semua siswa tuntas dalam belajar. Nilai tertinggi dari 85 dari pra siklus meningkat menjadi 90 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 100 pada siklus II. Nilai terendah dari pra siklus 35 meningkat menjadi 65 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 75 pada siklus II. Nilai rata-rata 62, 8 pada pra siklus meningkat menjadi 77,5 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 87,2 pada siklus II.
Copyrights © 2022