Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Profil Pelajar Pancasila dan problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran Profil Pelajar Pancasila di kelas 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Ngapus Kecamatan Japah Kabupaten Blora. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelas 1. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengambil data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Profil Pelajar Pancasila yang dilakukan oleh guru kelas 1 di SDN 1 Ngapus menggunakan 2 strategi yaitu pembelajaran berbasis proyek dan pembiasaan. Pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan guru kelas 1 mengacu pada tema gaya hidup berkelanjutan yaitu pembuatan karya seni kolase dari pengolahan sampah organik dan anorganik. Pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan guru kelas 1 mencerminkan 4 dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu gotong royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis. Sedangkan kegiatan pembiasaan yang rutin dilakukan oleh peserta didik kelas 1 adalah membaca Asmaul Husna, upacara, sholawat nariyah, dan bekerjasama membersihkan kelas. Problematika yang dihadapi guru kelas 1 dalam pembelajaran Profil Pelajar Pancasila yaitu keterbatasan alokasi waktu, rendahnya keterampilan membaca peserta didik sehingga guru kelas 1 harus menyampaikan materi berulang-ulang, dan semangat peserta didik yang berbeda-beda. Kata Kunci: Problematika Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila
Copyrights © 2023