JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 4 (2024): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika

Aminullah, Aminullah (Unknown)
Irwansya, Irwansya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif penerapan teknologi dalam teknik yang digunakan sekolah untuk mengajarkan matematika. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini kepala sekolah, guru matematika dan siswa. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan juni- juli di SMKN 2 kota Bima. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam dengan guru, pengamatan kelas dan analisis konten terhadap teknologi yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi photomath, powerpoint, dan LCD dapat memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep matematika dan motivasi siswa. Teknologi memungkinkan visualisasi yang lebih jelas dan interaktif, yang membantu siswa memahami materi matematika yang abstrak. Namun, meskipun teknologi memberikan kemudahan dalam penyelesaian soal dan meningkatkan keterlibatan siswa, masih terdapat kendala dalam pemahaman konsep secara mendalam. Siswa cenderung mengandalkan aplikasi tanpa benar-benar memahami proses di balik penyelesaian soal. Selain itu, penggunaan teknologi masih terbatas pada aspek visualisasi dan belum sepenuhnya mendorong interaksi aktif antara siswa dengan materi. Secara keseluruhan, penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, namun perlu diimbangi dengan strategi pengajaran yang lebih interaktif dan mendalam untuk memastikan pemahaman konsep yang lebih baik. Disarankan agar guru memberikan bimbingan lebih lanjut dan memfasilitasi diskusi yang lebih intensif untuk memaksimalkan potensi teknologi dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...