Penelitian ini bertujuan untuk merancang perencanaan pengembangan media komik berbasis budaya Lahat menggunakan aplikasi Canva sebagai alat bantu pembelajaran di kelas II Sekolah Dasar. Tujuan utama dari pengembangan ini adalah untuk meningkatkan minat membaca dan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model Alessi dan Trollip (2001), yang terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Lokasi penelitian adalah di Sekolah Dasar Negeri 9 Pseksu, yang terletak di Desa Lubuk Tube, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Sarana dan prasarana yang terbatas serta lokasi sekolah yang jauh dari pusat kota menjadikan sekolah ini sebagai tempat yang ideal untuk pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini melibatkan 28 peserta didik, 2 guru, serta sejumlah ahli, termasuk 3 ahli media, 3 ahli bahasa, dan 1 ahli materi dengan menghasilkan instrument dan angket yang sesuai dengan indicator pengembangan media komik berbasis budaya lahat. Hasil penelitian telah menghasilkan perancangan yang baik dalam mengembangkan media komik yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat diterapkan lebih luas di sekolah dasar lainnya, khususnya di daerah pedesaan.
Copyrights © 2024